28 September 2012

Orang Biasa yang Berdoa Luar Biasa

Yakobus 5 : 15-17
"Dan doa yang lahir dari iman akan menyelamatkan orang sakit itu dan Tuhan akan membangunkan dia; dan jika ia telah berbuat dosa, maka dosanya itu akan diampuni (ay.15). 

Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya (ay.16). 

Elia adalah manusia biasa sama seperti kita dan ia telah bersungguh-sungguh berdoa, supaya hujan jangan turun, dan hujan pun tidak turun di bumi selama tiga tahun dan enam bulan (ay.17)."


Seperti halnya kita, Elia di dalam kutipan cerita di atas merupakan manusia biasa yang sama seperti kita (ay.17), tetapi doanya dijawab Tuhan secara luar biasa. Kunci dari keberhasilan doanya adalah kesungguhan hati dan iman percaya kepada Tuhan (ay.15;17). Sebab oleh kesungguhan dan imanlah, Tuhan bergerak untuk mengerjakan jawaban-jawaban doa.

Jika doa yang kita panjatkan didasarkan pada kekhawatiran dan hawa nafsu/keinginan-keinginan pribadi kita, maka doa tersebut akan sia-sia. Sebab sebelum berdoa kita perlu tahu kehendak Tuhan terlebih dahulu. Misalkan kita mengalami konflik dengan orang lain dan kita berdoa kepada Tuhan agar orang lain diubahkan, padahal sebenarnya Tuhan menghendaki kita yang berubah, maka perubahan pada orang lain tidak akan terjadi sebelum kita sendiri berubah terlebih dahulu.

Oleh karena itu, ketahui kehendakNya, berdoalah dengan kesungguhan, dengan iman, dan mengucap syukur-lah atas segala sesuatu, maka doa kita akan dijawab secara luar biasa. Sebab doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya (ay.16).

Tuhan Yesus memberkati!
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...