22 September 2012

Sudahkah Kita Berbuah?

Yohanes 15 : 5-8
"Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa. Barangsiapa tidak tinggal di dalam Aku, ia dibuang ke luar seperti ranting dan menjadi kering, kemudian dikumpulkan orang dan dicampakkan ke dalam api lalu dibakar. Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya. Dalam hal inilah Bapa-Ku dipermuliakan, yaitu jika kamu berbuah banyak dan dengan demikian kamu adalah murid-muridKu."


Dari kutipan ayat tersebut, ada 5 hal yang Tuhan sampaikan kepada kita mengenai hidup yang berbuah,

Murid = Berbuah Banyak (ay.8)

Tuhan menginginkan kita menjadi murid bukan sekedar pengikut, oleh sebab itu, Ia menghendaki agar kita berbuah banyak (ada target yang harus dicapai).

Berbuah Banyak = Kita Tinggal di Dalam Dia dan Dia di Dalam Kita (ay.5)

Yang dimaksud dengan tinggal di dalam Dia dan Dia di dalam kita adalah kita hidup di bawah kasih karuniaNya, menerima keselamatan dan mempersilahkan Tuhan menjadi pemegang kendali utama kehidupan kita, sehingga kita sanggup untuk melakukan firman-firmanNya dan berbuah.

Kita di Dalam Dia + FirmanNya di Dalam Kita = Permintaan Kita Akan Kita Terima (ay.7)

Ada janji Tuhan yang luar biasa ketika kita mau taat dan melakukan firmanNya, yaitu setiap permintaan kita akan dikabulkanNya!.

Buah Apa Yang Dikehendaki?

Hidup sebagai anak-anak Allah adalah hidup dipimpin Roh, bukan daging, sehingga hidup yang berbuah artinya adalah hidup yang karakternya telah diubahkan oleh Roh, yaitu hidup yang penuh kasih, sukacita, damai, sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, dan penguasaan diri.

Apa Akibatnya Jika Kita Tidak Berbuah? (Ay.6)

Jika kita tidak tinggal di dalamNya, maka kita tidak akan berbuah, dan akibatnya kita akan dicampakkan ke dalam api dan dibakar. Tanpa tuntunan Roh, maka karakter kita tidak akan berubah/berbuah, sehingga keselamatan pun akan jauh dari kita.

Pertanyaan untuk kita semua hari ini, sudahkah kita berbuah? Dan mau-kah kita dituntun/ditegor oleh Roh agar berbuah?

Tuhan Yesus memberkati!
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...