31 Oktober 2013

CORE : Community of Revival; Komunitas Pemulihan

Core (komunitas sel) merupakan komunitas anak-anak Tuhan yang tujuannya memperoleh pemulihan bagi setiap pribadi, sehingga semakin dewasa di dalam Kristus.

Oleh karena itu tidaklah heran di dalam komunitas pemulihan, kita akan menemui beragam orang dengan beragam kebiasaan, latar belakang, bahkan masalah yang berbeda dengan kita. Perbedaan-perbedaan ini tentunya bukan disikapi dengan rasa permusuhan, namun justru perbedaan-perbedaan ini dibutuhkan untuk "menggesek" karakter kita dengan orang lain dalam komunitas tersebut, sehingga kita bisa mempraktekkan ajaran Firman Tuhan ketika kita saling bergesekan.



Jika visi utamanya adalah pemulihan, maka kita sebagai anggota komunitas tersebut harus menyadari bahwa kita dan teman-teman lain dalam komunitas perlu dipulihkan. Oleh karena itu hindari sikap saling bermusuhan, bergosip/terlalu ingin tahu permasalahan orang lain dan menyebarkannya, menjelekkan orang lain, mencari-cari kesalahan/kambing hitam, iri terhadap satu dengan yang lain, yang semuanya itu akan membuahkan kehancuran komunitas dan kerugian setiap anggotanya karena pemulihan akhirnya tidak terjadi.

Sebagai anggota komunitas pemulihan, dengan perbedaan yang ada antar pribadi, belajarlah untuk mengalah, belajar untuk mengampuni dan melupakan, belajar untuk tidak mencemari satu dengan yang lain/menjaga kekudusan, belajar untuk rendah hati, belajar untuk cepat mendengar namun lambat berbicara, belajar untuk menahan amarah, belajar untuk berkorban, belajar untuk melakukan segala sesuatu sesuai dengan Firman Tuhan, sehingga dengan demikian, setiap anggota komunitas akan mengalami pemulihan di dalam Tuhan.

Ketika kita berdoa minta pemulihan untuk setiap masalah kita, Tuhan memberikan, namun Dia juga menginginkan kita mengusahakannya. Core merupakan sarana kita belajar untuk meraih pemulihan yang Tuhan berikan, melalui masalah dan perbedaan-perbedaan antar anggotanya.

Core yang positif akan saling memberkati, saling mendukung, menguatkan yang lemah, bahkan memberkati dengan talenta kita masing-masing. Seperti yang tercantum di dalam 1 Korintus 14:26,"...bilamana kamu berkumpul, hendaklah tiap-tiap orang mempersembahkan sesuatu; yang seorang mazmur, yang lain pengajaran, atau pernyataan Allah, atau karunia bahasa roh, atau karunia untuk menafsirkan bahasa roh, tetapi semuanya itu harus dipergunakan untuk membangun." Alkitab berbicara dengan tegas, kewajiban kita sewaktu kita berkumpul adalah memakai apa yang ada pada kita untuk membangun orang lain, bukan untuk menghancurkan orang lain.

Jika saat ini anda rindu untuk memperoleh pemulihan di dalam Tuhan, berdoalah kepadaNya, minta Roh Kudus untuk memimpin setiap perilaku dan perkataan kita, sehingga kita bisa membangun orang lain di dalam komunitas sehingga bersama-sama dengan mereka, karakter, sikap, kebiasaan kita, hati kita, bahkan masalah-masalah kita, akan dipulihkan oleh Tuhan melalui proses-proses yang diijinkanNya terjadi.

Tuhan Yesus memberkati!
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...