6 Januari 2013

Tips Membaca Alkitab


1. Jangan mengambil ayat keluar dari konteksnya. Kita harus mengetahui dulu perikop tempat ayat tersebut berbicara tentang apa.

2. Pahami bahasa yang dipakai di dalam Alkitab, karena banyak hal yang disampaikan berupa perumpamaan, yang kadang-kadang kita perlu merujuk pada bahasa asli naskah Alkitab tersebut untuk mengetahui maknanya. (Baca referensi Alkitab dalam terjemahan lain)

3. Pahami alur sejarah penulisan Alkitab, karena ada hal-hal yang disampaikan di dalam Alkitab yang didasarkan pada kebiasaan/hukum pada masa tersebut dan setiap hal di dalam Alkitab memiliki "benang merah" yang saling berhubungan.

4. Jangan membaca Alkitab sesuai dengan kemauan kita, hanya mengambil ayat favorit kita dan melupakan teguran-teguran yang ada di dalamnya.

5. Jangan pernah membaca Alkitab tanpa tuntunan Roh Kudus, karena penafsiran, hikmat dan pewahyuan yang kita dapat dari Firman Tuhan dalam Alkitab, hanya bisa diberikan melalui Roh Kudus.

6. Jangan gagal mengaplikasikan Firman Allah di Alkitab dalam kehidupan kita, karena tanpa aplikasi, maka Firman tersebut tidak akan pernah mengubahkan kehidupan kita.

Tuhan Yesus memberkati!
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...