31 Maret 2013

Hidup yang Berkualitas

Yesus mati dan dibangkitkan tidak hanya sekedar menyelamatkan dan memberikan hidupNya untuk kita, sebab jika hanya itu saja, maka kita tidak bisa menjalani kehidupan Kekristenan yang luar biasa dalam Tuhan.

2 Korintus 5:15, Kristus telah mati untuk semua orang, SUPAYA mereka yang hidup, tidak lagi hidup untuk mereka sendiri, tetapi hidup untuk Dia. Hidup dalam kata Yunani berarti:
1. BIOS : bisa bergerak, bernafas, dan beraktivitas
2. PSUCHE : bernyawa
3. ZOE : hidup Allah yang ditaruh di dalam hidup manusia, sehingga manusia memiliki hidup yang berkualitas

Manusia pada awalnya hidup dalam zoe, hidup dalam kelimpahan dan penuh kualitas, namun iblis menjadi iri, sehingga ia mencari cara, agar manusia mulai berpusat pada ego-nya, sehingga manusia mulai melanggar perintah Allah dan jatuh ke dalam dosa. Pada saat itu juga, hidup manusia sudah tidak lagi berkualitas.



Jika awalnya manusia tidak mengalami kekhawatiran dan ketakutan karena hidup dalam zoe, setelah jatuh ke dalam dosa, ia mengalami ketakutan (dimulai ketika Tuhan mencarinya setelah ia memakan buah pengetahuan baik dan jahat).

Namun Tuhan melalui Paskah, dibangkitkan untuk mengembalikan zoe dalam hidup kita. Barangsiapa yang lahir kembali di dalam Yesus, maka akan diberikan benih Ilahi, yaitu zoe, hidup yang berkualitas.

Semua yang ada dosa atau dicemari dosa, akan menjadi tidak berkualitas.  Oleh karena itu, setelah Tuhan mengembalikan zoe kepada kita, hidupilah hidup yang berkualitas,

2 Korintus 5:16-17 - "Sebab itu, kami tidak lagi menilai seorang jugapun menurut ukuran manusia. Dan jika kami pernah menilai Kristus menurut ukuran manusia, sekarang kami tidak lagi menilaiNya demikian. Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan yang baru, yang lama sudah berlalu, yang baru sudah datang."

Apa yg baru? Nilai yang baru, ukuran yang baru, prinsip yang baru, kuasa yang baru, zoe yang baru dalam hidup kita.

Yang menjadi pertanyaan adalah, apakah kita sudah menghidupi kehidupan yang baru? Sebab seharusnya dengan mengenal Yesus, kehidupan, karakter kita lebih baik dari sebelumnya. Kita bisa terlihat sukses di mata dunia, tetapi jika kita di luar kehendak Tuhan, maka kita mengalami kegagalan.

Tuhan Yesus Memberkati!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...