21 Oktober 2012

Pelaku Firman

Yakobus 1:23-24 - Sebab jika seseorang hanya mendengar firman saja dan tidak melakukannya, ia adalah seumpama seorang yang sedang mengamat-amati mukanya yang sebenarnya di depan cermin. Baru saja ia memandang dirinya, ia sudah pergi atau ia segera lupa bagaimana rupanya.


Banyak di antara kita yang mengikut Kristus, tapi akhirnya menjadi frustasi karena kita merasa tidak ada kuasa Tuhan dalam hidup kita, tidak ada transformasi yang terjadi di dalam hidup kita. Seringkali, hal tersebut terjadi karena kita sendirilah yang menjadi penyebabnya.

Iman timbul dari pendengaran akan firman Tuhan, tapi tidak berhenti sampai di sana saja. Kita harus ingat juga bahwa iman tanpa perbuatan adalah mati. Jika kita mau firman itu menjadi hidup, kita harus melakukannya sesuai dengan iman kita.

Dalam Yakobus 1:23-24, cermin adalah seumpama firman Tuhan yang menunjukkan apa yang salah di dalam diri kita. Oleh karena itu diumpamakan bahwa ketika kita mendengarkan firman Tuhan, kita seperti melihat siapa kita yang sebenarnya di depan cermin, Tuhan akan tunjukkan kepada kita apa yang salah dalam diri kita. Tapi setelah melihat cermin, tidak akan terjadi apa-apa kalau kita tidak meresponi dengan benar; dikatakan pergi atau segera lupa bagimana rupanya.

Justru di saat Tuhan tunjukkan apa yang salah dalam diri kita lewat firman-Nya, maka kita harus dengan sengaja membuat keputusan untuk melakukan firman yang Tuhan katakan dalam hidup kita. Agar kita dikoreksi dan kuasa Tuhan dapat bekerja dengan penuh dalam mentransformasi hidup kita, tanpa penghalang.

Jadilah pelaku firman dan lihatlah bagaimana Tuhan bekerja luar biasa atas hidup kita.


Tuhan Yesus memberkati!
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...