2 Oktober 2012

Quick Response

Lukas 5 : 10b-11
"Kata Yesus kepada Simon:"Jangan takut,mulai dari sekarang engkau akan menjala manusia." Dan sesudah mereka menghela perahu-perahunya ke darat, mereka pun meninggalkan segala sesuatu, lalu mengikut Yesus."

Lukas 5 : 24b-25
"...berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu:Kepadamu Kukatakan, bangunlah, angkatlah tempat tidurmu dan pulanglah ke rumahmu!" Dan seketika itu juga bangunlah ia, di depan mereka, lalu mengangkat tempat tidurnya dan pulang ke rumahnya sambil memuliakan Allah."

Kedua kutipan cerita di atas memiliki tema yang berbeda, tetapi memiliki benang merah yang sama, yaitu adanya respons yang cepat terhadap apa yang ditawarkan oleh Tuhan. Pada cerita pertama, terlihat respons yang cepat terhadap tawaran Tuhan untuk menjadi penjala manusia, dan seluruh miliknya ditinggalkannya begitu saja. Sedang pada cerita kedua, juga terlihat respons yang cepat, dimana orang lumpuh itu segera melakukan apa yang diperintahkan oleh Yesus sehingga ia menerima kesembuhan.

Hidup di dalam Tuhan membutuhkan respons yang cepat. Tuhan seringkali menawarkan kesempatan-kesempatan luar biasa yang dapat mengubah kehidupan kita di saat-saat yang tidak terduga. Oleh karena itu sebagai anak-anak Tuhan kita harus selalu siaga dan meminta hikmat dari padaNya, sehingga ketika Tuhan menawarkan kesempatan yang luar biasa, maka kita dapat melihatnya dan menangkapnya, sehingga kita memperoleh yang terbaik dariNya.

Manusia memang memiliki pemahaman terbatas untuk menyelami rencana Tuhan, manusia juga memiliki konsep berpikir sendiri dan pengalaman yang membatasinya, tetapi di sisi lain, kita punya Allah yang kreatif dan tidak terbatas dalam pekerjaanNya. Jadi tunggu apa lagi? Berdoalah, minta hikmat untuk melihat tawaranNya dan kemampuan untuk menangkap/memperolehnya, maka kita akan memiliki hidup yang luar biasa, bukan hidup standar yang biasa-biasa saja. Mau?

Tuhan Yesus memberkati!
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...