27 Agustus 2012

Endurance

Yakobus 1 : 2-4
"Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan, sebab kamu tahu bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan. Dan biarkanlah ketekunan itu memperoleh buah yang matang, supaya kamu menjadi sempurna dan utuh dan tak kekurangan suatu apa pun."


Sama halnya dengan tubuh yang memerlukan daya tahan yang kuat untuk menghadapi serangan berbagai macam bakteri/virus, kehidupan rohani kita pun juga memerlukan endurance/daya tahan yang kuat pula terhadap berbagai macam cobaan.

Mungkin kalau kita melihat dengan kacamata duniawi, jatuh di dalam pencobaan dianggap sebagai suatu kebahagiaan, itu adalah sesuatu yang tidak masuk akal. Tetapi demikianlah pesan yang disampaikan kepada kita, sebab hanya melalui cobaan, kita akan lebih dekat kepada Tuhan, lebih mengenalNya, lebih percaya lagi, dan belajar banyak dari pribadiNya. Disinilah peranan endurance/daya tahan kita benar-benar dibutuhkan, agar setiap cobaan dan masalah tidak membawa kehancuran bagi kita, tetapi malah mengasah kita untuk lebih tekun dan kuat dalam iman, sehingga kita bisa berbuah dan menjadi berkat bagi banyak orang di sekitar kita.

Jangan merasa bahwa kita adalah orang paling malang atau orang yang paling berat cobaannya, tetapi yakinlah, bahwa Roh yang ada di dalam kita, akan memberikan daya tahan/endurance yang luar biasa, sehingga setiap masalah dan cobaan dapat kita lewati dengan luar biasa dan diputarbalikkan oleh tangan Tuhan menjadi kemenangan bagi kita. Saat ini mintalah kekuatan dari Tuhan untuk menghadapi masalah kita, bukan minta Tuhan untuk melenyapkan masalah kita, sebab dengan demikianlah kita akan menjadi semakin dewasa dalam Tuhan.

Tuhan Yesus memberkati!
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...