22 Agustus 2012

Rahasia Hikmat Allah

Pernahkan anda membayangkan berapa banyak keputusan yang harus dibuat dalam hidup anda setiap harinya? Menurut sebuah jurnal penelitian, kita harus menentukan kurang lebih 2500 keputusan per hari. Mulai dari keputusan-keputusan kecil untuk bangun tidur, sarapan, mandi, hingga keputusan-keputusan besar yang menentukan laju pertumbuhan suatu perusahaan atau bahkan jalan hidup orang lain. Dalam konteks ini, apabila kita memiliki dasar yang benar dalam memutuskan, maka setiap keputusan yang kita buat akan membuahkan hal-hal yang positif, tetapi jika dasar keputusan yang kita miliki tidak benar, maka keputusan yang dihasilkan akan merugikan kita dan banyak orang lain.

Setiap keputusan memiliki urgensi-nya masing-masing dan contoh kehidupan yang kita jalani saat ini merupakan hasil keputusan kita di masa lalu. Jika hidup kita saat ini baik, berarti keputusan yang diambil di masa lalu adalah keputusan yang benar, tetapi jika tidak, maka sebaliknyalah yang terjadi. Disini yang menjadi persoalan intinya adalah bagaimana kita selalu memiliki dasar keputusan yang benar dan bisa membuahkan buah-buah positif bahkan luar biasa, berdampak bagi diri kita maupun orang di sekitar kita?, sementara di satu sisi, seringkali kita harus mengambil keputusan di saat-saat terakhir, tidak terencana, dan kuantitas keputusan yang harus dihasilkan pada suatu waktu tersebut cukup banyak.



Bagi anak-anak ALLAH, hanya ada satu dasar terbaik untuk membuat segala keputusan, yaitu keputusan yang berdasarkan pada hikmat ALLAH. Di dalam realitas hidup, manusia memang memiliki hikmatnya sendiri, yang terbentuk dari pengetahuan, pemahamannya akan hidup, ajaran dari orang tua atau institusi pendidikan, dan pengalaman yang pernah dialaminya, tetapi itu tidak menjadikan hikmatnya menjadi benar, karena manusia selalu dihadapkan pada masalah baru dan kondisi lingkungannya yang berubah-ubah, dimana pengetahuan, ajaran dan pengalaman serta pemahamannya tidak dengan serta merta bisa menyesuaikan diri terhadap hal – hal yang baru dan berubah. Sedangkan hikmat ALLAH adalah hikmat yang dinyatakan oleh Roh ALLAH dalam diri kita mengenai hal-hal tersembunyi dalam diri ALLAH dan pikiran-pikiran KRISTUS. “Karena kepada kita ALLAH telah menyatakannya oleh Roh, sebab Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri ALLAH. Siapa gerangan di antara manusia yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri manusia selain roh manusia sendiri yang ada di dalam dia? Demikian pulalah tidak ada orang yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri ALLAH selain Roh ALLAH…. Sebab: Siapakah yang mengetahui pikiran TUHAN, sehingga ia dapat menasihati Dia?" Tetapi kami memiliki pikiran KRISTUS.” (1 Korintus 2 : 10-11; 16)

Jadi bayangkan, apa yang akan kita ketahui dengan memiliki hikmat ALLAH?, kita tidak hanya tahu arah hidup kita, tidak hanya tahu kesalahan-kesalahan yang kita buat yang menghalangi pertumbuhan kita, tetapi kita juga mengerti setiap detail yang harus kita perbuat dalam setiap detik hidup kita agar kita menjadi anak-anak ALLAH yang berkemenangan!

Ini bukanlah suatu pengandaian, tetapi realitas yang sudah saya rasakan di tahun-tahun belakangan ini. Saya masih ingat waktu awal-awal saya bertumbuh di suatu gereja lokal. Pada suatu waktu, Gembala saya mengajarkan mengenai hikmat ALLAH dan meminta jemaatnya, termasuk saya untuk memintanya kepada ALLAH dalam doa setiap hari. Pada waktu awal saya melakukan hal tersebut, saya tidak mengerti manfaat riil dari hikmat ALLAH, hingga pada suatu hari, ketika Roh ALLAH mendorong saya untuk mulai memberkati secara materi dan memberikan hikmatNya tentang menabur di ladang TUHAN. Mungkin tidak pernah terbayangkan di dalam benak saya, yang pada saat itu saya hidup pas-pasan, pekerjaan juga hanya sebagai karyawan biasa, tetapi hikmatNya membuka pikiran saya dan mendorong saya untuk tetap mulai memberkati dalam jumlah materi yang menurut saya cukup besar pada waktu itu. Meski bimbang dan sempat meragukan hikmat dan dorongan tersebut, saya tetap berusaha untuk melakukannya…..

“Tetapi yang kami beritakan ialah hikmat ALLAH yang tersembunyi dan rahasia, yang sebelum dunia dijadikan, telah disediakan ALLAH bagi kemuliaan kita. Tidak ada dari penguasa dunia ini yang mengenalnya, sebab kalau sekiranya mereka mengenalnya, mereka tidak menyalibkan TUHAN yang mulia. Tetapi seperti ada tertulis: "Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan ALLAH untuk mereka yang mengasihi Dia."(1 Korintus 2 : 7-9) Firman ini benar-benar menjadi suatu kenyataan setelah saya melakukan hal tersebut. TUHAN ternyata membuka jalan yang luar biasa, yang bahkan belum terbersit di hati saya. Jalan usaha saya secara pribadi dan penghasilan yang berlipat-lipat telah disediakanNya, hanya dalam hitungan hari setelah saya melakukan hal tersebut, OO PRAISE THE LORD!.

Di dalam Alkitab Perjanjian Lama, ALLAH sendiri pun mengajarkan bahwa hikmatNya yang diberikan kepada Raja Salomo mampu membuahkan kebijaksanaan, kemuliaan, kelimpahan, dan pengaruh yang luar biasa positif dalam hidup orang-orang disekitarnya. Oleh karena itu, saya mengajak setiap pembaca artikel ini untuk mulai meminta hikmat ALLAH hari ini juga, agar hidup kita benar-benar menjadi luar biasa dan menjadi dampak di lingkungan kita. Hikmat ALLAH yang kita minta, tidak hanya bekerja di dalam hal – hal besar seperti illustrasi pengalaman saya, tetapi juga di setiap hal kecil dalam hidup kita. Saya mengalami ketika masa-masa kuliah dulu, untuk mengerjakan suatu tugas kuliah kadang membutuhkan waktu hingga berminggu-minggu untuk menyelesaikannya, tetapi seiring dengan hikmat ALLAH yang ditambahkan, tugas berminggu-minggu ini kini menjadi pekerjaan 3 jam atau 4 jam untuk penyelesaiannya. Ini terjadi karena hikmat tersebut mengajarkan di dalam kepala saya saat itu juga, apa yang perlu dikerjakan dan apa yang tidak, memberikan solusi dan ide pemecahan, bahkan mengkoreksi pekerjaan apa yang salah dan kurang.

Jadi jangan tunda lagi, mintalah segera hikmat ALLAH, biarkan hikmat tersebut berproses sehingga menghasilkan buah-buah yang luar biasa. Terkadang hikmat itu memberitahukan hal-hal yang tidak lazim, hal pengajaran yang terbalik dengan kenyataan hidup kita saat ini, tetapi lakukanlah! Bahkan mungkin karena hikmat tersebut memberitahukan pengajaran yang secara kenyataan hidup terbalik, sehingga anda mencoba sharing kepada teman-teman anda, dimana akhirnya mereka berusaha untuk memadamkan hikmat tersebut karena dianggap terbalik dan tidak masuk akal, tetapi tetap lakukanlah!. “Tetapi manusia duniawi tidak menerima apa yang berasal dari Roh ALLAH, karena hal itu baginya adalah suatu kebodohan; dan ia tidak dapat memahaminya, sebab hal itu hanya dapat dinilai secara rohani.” (1 Korintus 2 : 14) Konteks manusia duniawi disini tidak hanya mencakup orang-orang yang belum mengenal ALLAH, tetapi juga mereka yang sudah “mengenalNya” tetapi hidupnya tidak dipimpin oleh Roh ALLAH. Jadi anak-anak ALLAH yang luar biasa, biarkan diri kita dipimpin oleh hikmat yang dinyatakan oleh Roh ALLAH di dalam hati kita agar hikmat tersebut menuntun kita dalam setiap arah dan keputusan kita, sehingga hal-hal yang luar biasa dari ALLAH termanifestasikan dalam hidup kita dan orang-orang di sekitar kita.

TUHAN YESUS memberkati!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...