26 Agustus 2012

Kekeringan Rohani

Wahyu 2 : 4 - 5
"Namun demikian, Aku mencela engkau, karena engkau telah meninggalkan kasihmu yang semula. Sebab itu ingatlah betapa dalamnya engkau telah jatuh! Bertobatlah dan lakukanlah lagi apa yang semula engkau lakukan."




Kutipan ayat di atas merupakan teguran Allah kepada jemaat Efesus, dimana sebelumnya Allah memuji mereka karena mereka berjerih payah dalam melayani Tuhan, tekun dalam jerih payahnya, membongkar ajaran palsu dan tetap sabar meski menderita oleh karena nama Tuhan. Tetapi Allah menegor mereka juga sebab mereka telah kehilangan kasih mula-mula akan Tuhan.

Kita mungkin menilai bahwa setiap orang yang rajin melayani Tuhan, rajin ke gereja adalah orang yang sungguh-sungguh mengasihi Tuhan. Ternyata itu semua bukan merupakan jaminan. Bisa saja mereka melakukan hal itu hanya sebagai rutinitas, tetapi kasihnya telah dingin kepada Allah. Hal inilah yang disebut sebagai kekeringan rohani.

Kekeringan rohani terjadi karena dosa, occultism, penderitaan dan masalah bertubi-tubi, terlalu sibuk dengan pekerjaan, jarang bersekutu dengan Tuhan, atau bahkan terlalu sibuk pelayanan. Dan kabar buruknya, ternyata hal ini merupakan masalah yang serius bagi Tuhan, oleh sebab itu Ia menegor, "...ingatlah betapa dalamnya engkau telah jatuh! Bertobatlah...".

Sebab itu berdoalah pagi ini, minta Tuhan menyelidiki hati kita, apakah kita benar-benar masih mengasihiNya? Atau jangan-jangan setiap kegiatan rohani yang kita lakukan hanyalah rutinitas? Jika benar seperti itu, mintalah kasih mula-mula dari Tuhan, agar api dan gairah dalam hati kita terhadap Tuhan benar-benar menyala kembali, sebab itulah yang Tuhan kehendaki.

Tuhan Yesus memberkati!
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...