17 Agustus 2012

Kunci Hidup

Sebelum memulai membaca tulisan ini, adakah masalah-masalah di bawah ini yang menjadi bagian dari hidup anda saat ini?

Kesehatan / cacat tubuh
Kepercayaan diri
Jati diri
Finansial
Pekerjaan
Hubungan dengan keluarga / rekan kerja / teman
Percintaan
Kekecewaan / keputusasaan / ketakutan
Arti hidup
Pendidikan
Pikiran – pikiran negatif
Kondisi dan situasi yang tidak sesuai dengan rencana / bayangan anda
…..atau masalah lain yang mungkin dapat anda tambahkan?


Jika kita mau perhatikan dengan cermat, tidak ada dari kita yang tidak mengalami minimal salah satu dari masalah-masalah tersebut. Harapan, mimpi-mimpi kita, rencana awal yang telah disusun dengan baik, semuanya menjadi pupus karena efek dari salah satu masalah tersebut yang mungkin sedang kita pergumulkan. Kondisi lingkungan sekitar kita yang seharusnya memberikan harapan bagi kita, ternyata ikut memperparah permasalahan tersebut. Satu masalah belum tuntas, masalah lain timbul dan menjadi bertambah-tambah.

Masalah yang mendera dalam waktu lama, kekuatiran, ketakutan, bahkan pikiran-pikiran negatif yang terlintas selama menggumuli permasalahan tersebut, membuat kita menjadi putus asa dan mendorong kita melakukan keputusan-keputusan yang salah, yang akhirnya merugikan kita dan orang-orang di sekitar kita. Semuanya ini merupakan efek berantai dan menjadi suatu lingkaran setan yang tidak terputus hingga kita berani mengatakan STOP! terhadap fokus masalah tersebut dan kembali melihat TUHAN YESUS sebagai kunci yang membuka setiap jalan dari masalah kita. “Inilah firman dari Yang Kudus, Yang Benar, yang memegang kunci Daud; apabila Ia membuka, tidak ada yang dapat menutup;…” (Wahyu 3 : 7).

Banyak orang Kristen yang telah percaya bahwa hidupnya telah diselamatkan dan ditebus oleh TUHAN YESUS, tetapi setelah dihantam dengan gelombang masalah, menjadi seolah lupa bahwa Dia juga yang sanggup melepaskan kita dari segala permasalahan hidup. Tipu daya dunia ini membawa kita untuk terus-menerus fokus terhadap masalah dengan “harapan semu” bahwa permasalahan tersebut akan segera tuntas, tetapi kenyataannya tidak seperti itu, seringkali permasalahan malah menjadi lebih besar dan bahkan menimbulkan masalah - masalah baru. Sebab masalah yang terlalu difokuskan akan memberikan gambaran di dalam benak kita bahwa masalah tersebut sungguhlah besar, padahal TUHAN kita jauh lebih besar dari permasalahan apapun.



Konteks melihat TUHAN YESUS sebagai kunci berarti memfokuskan hati dan pikiran kita kepada hati, visi, dan misiNya. Ada yang menganggap fokus kepadaNya hanya dengan beribadah setiap Minggu, hanya dengan melakukan pelayanan full time sebagai petugas ibadah, atau hanya dengan menjalankan 10 perintah ALLAH. Tetapi semuanya itu tidak akan menjadi sempurna jika setiap orang-orang tersebut tiap-tiap harinya mengabaikan suara Roh Kudus dalam hati yang menuntunnya untuk membuat keputusan dan melangkah sesuai perintah dan kehendak TUHAN.

Masih ingatkah anda dengan janji ini?, “TUHAN akan mengangkat engkau menjadi kepala dan bukan menjadi ekor, engkau akan tetap naik dan bukan turun, apabila engkau mendengarkan perintah TUHAN, ALLAHmu, yang kusampaikan pada hari ini kaulakukan dengan setia, dan apabila engkau tidak menyimpang ke kanan atau ke kiri dari segala perintah yang kuberikan kepadamu pada hari ini, dengan mengikuti allah lain dan beribadah kepadanya." (Bilangan 28 : 13-14). Janji ini bukanlah sekadar janji, tetapi benar-benar akan dinyatakan dalam hidup kita apabila mulai saat ini kita berkomitmen untuk fokus terhadap arahan Roh TUHAN dalam hati kita di dalam menjalani hidup kita tiap harinya. Percayalah, di saat fokus kita ke TUHAN, tanganNya tidak kurang panjang untuk membukakan pintu-pintu masalah kita yang tertutup, karena Dia-lah satu-satunya Kunci Hidup yang memberikan hidup.

Berbahagialah mereka yang telah membaca tulisan ini, tetapi akan lebih berbahagia lagi bagi mereka yang sedang bergumul dengan masalah, yang dengan langkah iman mulai fokus terhadap TUHAN, doa, berharap, melakukan perintah dan kehendakNya yang disampaikan oleh RohNya dan buktikan, Dia sanggup membawa kita keluar lebih dari pemenang! Amen.

TUHAN YESUS memberkati!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...